BANGKAPOS.COM, BANGKA — Polisi Hutan (Polhut) Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Bangka Selatan, Selasa dinihari (30/4/2013), berhasil mengamankan 6,3 Kubik kayu ilegal.

Kayu berbagai jenis tersebut diduga berasal dari aktivitas penebangan liar di kawasan Hutan Produksi (HP) Sungai Klaban Dusun Serai Desa Delas Kecamatan Airgegas.

Kayu-kayu ini berhasil diamankan pihak Polhut Basel berkat peran aktif masyarakat memberikan informasi kepada pihak Dishutbun Basel.

Sayangnya pelaku illegal logging di kawasan HP ini keburu melarikan diri saat tim Polhut tiba di lokasi.

Kadishutbun Basel Muhson melalui Kepala Bidang (Kabid) Kehutanan Dishutbun Pemkab Basel, Evan Sandi Maulana mengungkapkan awalnya pihak Dishutbun Basel, Senin (29/4/2013) menerima laporan dari masyarakat mengenai adanya aktivitas penebangan ilegal di kawasan HP Sungai Klaban.

“Informasinya yang kita terima  aktifitas penebangan liar sejak 1 bulan terakhir. Kemudian sekitar pukul 15:30 wib, saya bersama 4 orang staf kehutanan dan 2 orang anggota Polhut terjun kelapangan guna menindaklanjuti laporan dari masyarakat mengenai aktifitas penebangan liar yang merambah kawasan Hutan Produksi (HP),” ungkap Evan, Selasa (30/4/2013).

Ia menjelaskan, lokasi aktifitas illegal logging di kawasan Sungai Klaban tersebut tergolong sulit untuk ditempuh.

Tim Polhut sendiri terpaksa berjalan kaki menembus puluhan KM hutan belantara karena belum adanya akses untuk kendaraan.

“Sampai di lokasi yang di infokan warga, kite berhasil menemukan tumpukan kayu jenis menggris kelompok rimba campuran yang berbentuk balok dan sudah siap untuk diangkut oleh pelaku ataupun pemiliknya.  Tumpukan kayu yang sudah di olah menjadi balok dengan berbagai jenis kayu serta ukuran ternyata sudah siap untuk diangkut. Karena saat kita masih berada di dalam kawasan hutan ada 1 unit mobil truck yang kebetulan melintasi jalan utama dan mobil itu sempat berhenti. Namun melihat ada 1 orang anggota yang stanbye berjaga di depan akhirnya sopir dari mobil truck tersebut melajukan kendaraannya,” papar Evan.

 

Penulis : IwanS
Editor : asmadi
Sumber : bangkapos.com

 

Iklan