Jurnal Bogor, 26 January 2011 , Rubrik: Jurnal Sukabumi

Sukabumi – Enam pemburu satwa diciduk tim Polisi Hutan (Polhut) di kawasan konservasi Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Resort Selabintana Desa Perbawati Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Selasa (25/1) kemarin. Mereka ditangkap setelah Pohut TNGGP mendapat informasi dari masyarakat di pinggiran hutan.
Saat ditangkap sejumlah pemburu sempat meloloskan diri. Mereka lari dari kejaran petugas hingga terjadi kejar-kejaran. Karena kesigapan para anggota Polhut akhirnya para pemburu itu bertekuk lutut. Dalam penangkapan ini, petugas mengamanakan barang bukti berupa satu unit senjata api (senpi) dan senjata tajam (sajam) jenis golok.
Sejumlah adegan dalam aksi penangkapan enam pemburu satwa ini memang bukan terjadi sebenarnya. Hal itu hanya sebuah rangkaian skenario dalam simulasi Satuan Tugas (Satgas) Pohut dalam kegiatan Penyegaran Polhut Balai Besar TNGGP yang digelar di Kawasan Ekowisata Baru Halimun Sukabumi, Selasa (25/1) kemarin. Kegiatan simulasi rencananya akan berakhir Rabu (26/1) hari ini.
Kepala Bidang Teknis Konservasi, Indra Exploitasia menjelaskan kegiatan ini merupakan rutin dilaksanakan sebagai salah satu media untuk berlatih dan praktik para anggota Polhut. Karena Polhut mempunyai peranan penting dalam pengamanan dan perlindungan hutan.
”Penyegaran ini tentunya punya tujuan diantaranya agar para anggota Polhut supaya terus bersemangat dan profesional dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi),” jelas Indra kepada Jurnal Bogor disela-sela kegiatan, Selasa kemarin.
Menurut Indra dengan penyegaran ini juga diharapkan anggota Polhut dapat terus mengasah kemampuan dan keterampilannya. Karena dalam penyegaran ini juga dilakukan latihan atau simulasi yang sudah menjadi bagian dari tufoksi.
”Kami juga menghadirkan para nara sumber lainnya seperti dari kejaksaan, dan Kepolisian. Juga melakukan simulasi dalam penanganan setiap perkara, mulai penyergapan hingga penyidikannya,” ujar Indra seraya mengatakan pada intinya Polhut TNGGP siap melaksanakan tupoksinya.

= Budiyanto