SELASA, 23 NOVEMBER 2010 | 19:58 WITA |

WATAMPONE — Formasi polisi kehutanan (polhut) sepi peminat dalam pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Bone tahun ini. Padahal Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Bone masih mengakomodasi lulusa sekolah menengah atas (SMA).

Kepala BKDD Bone, Muhammad Ridwan di ruang kerjanya, Senin 22 November mengatakan, formasi polhut jatahnya tujuh orang. Namun hingga pendaftaran berakhir, formasi itu masih kosong. “Mungkin ini disebabkan adanya perubahan persyaratan,” ujar Ridwan.

Awalnya, persyaratan formasi polhut, di antaranya tamatan SMA/sederajat, namun belakangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) dan Birokrasi Reformasi (BR) mengubah persyaratan itu. Pelamar harus merupakan lulusan SMK Kehutanan.

Menurut Ridwan, dengan tidak adanya pendaftar formasi polhut, kini BKDD mengusulkan ke Kemenpan untuk membuka pendaftaran formasi polhut dengan menerima tamatan SMA/sederajat dengan ketentuan pendaftar harus memiliki sertifikasi atau pelatihan tentang polhut.

“Mudah-mudahan saja usulan kita diterima Kemenpan dengan memberikan kesempatan membuka ulang penerimaan formasi polhut yang bukan diprioritaskan dari tamatan SMK Kehutanan, tapi tamatan SMA dan lainnya juga bisa diterima dengan ketentuan harus memiliki sertifikasi soal polhut,” harapnya.

Selain polhut, juga terdapat beberapa formasi yang kurang peminat. Misalnya dokter gigi dan perawatan gigi. Dari dua kursi yang disiapkan untuk dokter gigi, hanya satu pendaftar. “Semua formasi yang kurang peminat juga kita usulkan bisa dialihkan ke penerimaan perawat,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Kepala Sub Bidang Pengadaan, Penempatan, dan Pemindahan Pegawai BKDD Bone, Abarzuki menjelaskan, jumlah pendaftar CPNS di daerahnya tahun ini mencapai 5.041 orang. Formasi guru masih mendominasi pendaftar dengan 3.245 orang disusul tenaga kesehatan (1.039 orang), dan tenaga teknis sebanyak 757 orang.

Sudah dapat dipastikan ada 4.821 orang yang akan mengelus dada tidak lulus. Tahun ini Pemkab Bone hanya mendapat jatah 220 orang dengan rincian tenaga pendidik sebanyak 99 orang, tenaga kesehatan (66 orang), dan tenaga teknis sebanyak 55 orang. (far)

sumber : http://lokalnews.fajar.co.id/read/110358/16/formasi-polhut-sepi-peminat