TRIBUN PEKANBARU/ZAMZAMI

Selasa, 10 Februari 2009 | 14:25 WIB

RIAU, SELASA – Seorang anggota polisi kehutanan (Polhut) Riau, Indra Kesuma (48) mengalami luka bakar saat memadamkan kobaran api di lahan gambut di kawasan hutan Sepahat, Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa.

Korban bersama beberapa orang rekannya bekerja memadamkan api di kawasan hutan di perbatasan Kota Dumai – Kabupaten Bengkalis yang terbakar sejak Minggu (8/2) lalu.

Saat memadamkan api di lahan bergambut tebal itu, ia tanpa sengaja menginjak tumpukan abu dari sisa tanaman yang terbakar, sehingga terperosok dalam gambut yang sedang membara.

Luka bakar yang dialaminya cukup serius, selain pada kaki kanan, juga kedua pergelangan tangannya. Celana dan pakaiannya juga terbakar.

Korban langsung ditolong teman-temannya untuk berobat darurat, terutama pada kaki dan tangannya yang melepuh dengan diolesi oli. “Saat saya melangkah hendak memadamkan titik api, tanpa saya sadari menginjak bara gambut,” kata Indra.

Kawasan hutan belukar, lahan masyarakat dan kawasan kebun sawit yang didanai Pemerintah Provinsi Riau di Desa Sepahat itu, dalam sepekan terakhir terbakar, dan api terus berkobar. Bahkan kawasan yang terbakar sudah mencapai seribu hektare lebih.

Minimnya jumlah petugas pemadam kebakaran, dan terbatasnya peralatan yang ada, serta angin yang bertiup kencang dan kondisi lahan gambut yang kering, menyebabkan kobaran api cepat meluas.

Akibatnya, kobaran api itu menghanguskan hutan belukar, kebun sawit, kebun karet, kebun ubi, serta bibit sawit milik masyarakat maupun milik perusahaan.

ABI
Sumber : Ant